Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) resmi dibuka pada Selasa (20/8/2024) hingga Jumat (6/9/2024). Meski demikian, beberapa warganet masih mempertanyakan terkait mekanisme pendaftaran CPNS.
 
Misalnya akun @worksfess yang mempertanyakan soal jumlah formasi CPNS yang dapat dilamar. "Pagi work! mau tanya, kalau daftar cpns tuh terbatas 1 formasi, 1 jabatan, 1 penempatan aja atau boleh lebih dari 1? Udah nyari tapi nggak nemu, soalnya kata bokap coba daftar lebih satuu. Thank youuu," tulisnya, Rabu (21/8/2024).
 
Selain itu, warganet lain juga mempertanyakan terkait aturan yang menyebut pelamar CPNS tidak bisa mengikuti seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di tahun yang sama. "Kalo udh ikut cpns ga bisa ikut pppk lagi ya untuk yg honorer?" tulis akun @snowwaiteuprinc, Rabu. Lantas, bagaimana aturannya?

Penjelasan BKN Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengatakan, pelamar hanya dapat melamar pada satu jenis pengadaan ASN, yakni PNS atau PPPK di periode tahun anggaran yang sama. Artinya, peserta yang sudah melamar formasi di CPNS 2024 tidak bisa melamar kembali di PPPK 2024 mendatang.
 
Dengan demikian, mereka baru bisa mengikuti PPPK untuk periode selanjutnya. "Terkait hal tersebut (pelamar CPNS tidak bisa ikut PPPK di tahun yang sama) sudah kami sampaikan di kanal informasi BKN sesuai ketentuan pengadaan CASN tahun ini," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (23/8/2024).
 
Ia menambahkan, peserta juga hanya diperbolehkan untuk melamar pada satu jenis instansi dan satu jenis jabatan dalam satu periode seleksi CPNS maupun PPPK. Bila peserta melamar di lebih dari satu instansi/jenis pengadaan/jabatan dengan menggunakan identitas kependudukan yang berbeda, maka peserta akan dikenakan sanksi.
 
"Peserta akan dianggap gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tambahnya. Sementara itu, merujuk laman resmi Kemenpan-RB, PPPK diperbolehkan untuk mengikuti seleksi CPNS 2024 apabila memenuhi syarat. Adapun syarat pertama yakni sudah bekerja sebagai PPPK selama minimal 1 tahun. Kemudian syarat kedua, PPPK yang boleh ikut CPNS 2024 wajib mendapat persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang Berwenang (PyB).

Penjelasan BKN Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengatakan, pelamar hanya dapat melamar pada satu jenis pengadaan ASN, yakni PNS atau PPPK di periode tahun anggaran yang sama.
 
Artinya, peserta yang sudah melamar formasi di CPNS 2024 tidak bisa melamar kembali di PPPK 2024 mendatang. Dengan demikian, mereka baru bisa mengikuti PPPK untuk periode selanjutnya. "Terkait hal tersebut (pelamar CPNS tidak bisa ikut PPPK di tahun yang sama) sudah kami sampaikan di kanal informasi BKN sesuai ketentuan pengadaan CASN tahun ini," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (23/8/2024).
 
Ia menambahkan, peserta juga hanya diperbolehkan untuk melamar pada satu jenis instansi dan satu jenis jabatan dalam satu periode seleksi CPNS maupun PPPK. Bila peserta melamar di lebih dari satu instansi/jenis pengadaan/jabatan dengan menggunakan identitas kependudukan yang berbeda, maka peserta akan dikenakan sanksi.

Kapan pendaftaran PPPK 2024 dibuka? Saat ini, pemerintah baru membuka pendaftaran CPNS 2024, sementara pendaftaran PPPK 2024 belum dibuka. Meski demikian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pemerintah akan segera membuka pendaftaran PPPK 2024.
 
Ia menambahkan, pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 tidak dilakukan secara bersamaan lantaran pemerintah masih berupaya untuk menuntaskan penataan tenaga non ASN (hononer) yang masih dalam proses verifikasi. "Secara bertahap nanti akan dibuka rekrutmen PPPK untuk kelanjutan penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer pada tahun 2024, yang saat ini sedang proses verifikasi dan validasi," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Selasa.

"Segera kami umumkan untuk rekrutmen PPPK bila proses verifikasi dan validasi tuntas," tambahnya.
Jadi gimana guys untuk persiapan SKD CPNS kamu? Dan kamu gimana cara belajarnya? Apakah sudah sesuai dan maksimal? Tau ga, Kamu bisa dapetin soal-soal tryout berkualitas dan sudah sesuai dengan FR SOAL ASLI SKD terbaru di PLC Pekanbaru. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website plcpekanbaru.com
 
PLC Pekanbaru? Sahabat Meraih Cita-cita
 
***
Bimbel PLC Pekanbaru merupakan Bimbel Persiapan Tes CPNS terbaik di Pekanbaru. Bimbel PLC menyediakan berbagai program pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa mulai dari Les Bebas, Les Kelas, Les Private, Les Akademik & Psikologi, Les Jasmani, hingga Les Persiapan selama 1 tahun.
 
Bimbel PLC Pekanbaru memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan Aplikasi PLC Siswa untuk mendukung pembelajaran, simulasi tes berbasis CAT, Les Online dan TryOut Online melalui aplikasi, fitur pembahasan soal secara GRATIS, sehingga mempermudah akses siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, tersedia juga Modul Belajar dengan UPDATE SOAL setiap tahunnya agar siswa lebih mantap lagi dalam mengasah soal-soal persiapan tes.
 
Bimbel PLC juga telah berhasil membawa banyak siswa untuk meraih prestasi dan cita-citanya, antara lain: PLC berhasil membantu 117 Siswanya LULUS Bintara Polri 2023, LULUS AKPOL 2023 sebanyak 4 orang, LULUS Kedinasan 2023 di berbagai instansi, CPNS, Siswa LULUS SNBT 2023 di berbagai Kampus Terbaik di Indonesia, dan masih banyak lagi.
 
Untuk kamu yang butuh persiapan tes secara maksimal, bimbingan belajar intensif, ayo bergabung bersama PLC Pekanbaru. Bersama PLC Pekanbaru, raih cita-citamu dari sekarang!
 
* Bimbel Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-polri/
* Bimbel TNI Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-tni/
* Bimbel Kedinasan Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-kedinasan/
* Bimbel SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sd/
* Bimbel SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-smp/
* Bimbel SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-sma/
* Bimbel Persiapan Masuk Kampus Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-masuk-kampus/
* Bimbel Lainnya Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/bimbel-lainnya/
* Les Private AKPOL Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/akpol/
* Les Private Bintara Polri Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/bintara/
* Les Private SD Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sd/
* Les Private SMP Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/smp/
* Les Private SMA Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/sma/
* Les Private Persiapan UTBK Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/persiapan-utbk/
* Les Private IPDN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/ipdn/
* Les Private STAN Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/stan/
* Les Private CPNS Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/les-private/cpns/
* Fitur Belajar Online Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/belajar-online/
* TryOut PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/tryout-nasional/
* Konsultasi PREMIUM PLC Terbaik di Pekanbaru: https://www.plcpekanbaru.com/konsultasi-premium/
* Tes PSIKOTES PLC Terbaik di Pekanbaru: https://psikotes.plcpekanbaru.com/dashboard/
 
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi kami:
 

Share: